Mengulik Pentingnya Mempelajari Hibernate dalam Pemrograman

Teknologi di zaman sekarang yang semakin canggih, membuka banyak peluang pekerjaan untuk dunia pemrograman. Sayangnya masih ada saja beberapa kendala yang acap kali dihadapi oleh seorang programmer, seperti tidak menguasai dengan sempurna salah satu dari bahasa pemrograman. Dalam hal ini, kursus pemrograman online yang mempelajari Hibernate akan turut membantu.

Apa Itu Hibernate ?

Untuk seorang programmer sendiri, pasti sebenarnya sudah tidak asing lagi dengan Hibernate. Bukan Hibernate yang biasa ada di komputer, melainkan Hibernate yang merupakan framework ORM Java. Framework sendiri adalah perangkat lunak yang dapat memudahkan kamu ketika bekerja mengembangkan suatu website.

Dalam hal ini, terdapat cukup banyak tipe framework yang dapat dimanfaatkan untuk mengelola sistem backend website. Dimana setiap tipe dari framework tersebut dibedakan atas bahasa pemrograman yang digunakan ketika membangun sebuah website. Hibernate ini adalah salah satu di antaranya.

Dalam konsep MVC, Hibernate berada pada posisi M atau menduduki posisi model. Sehingga memudahkan programmer untuk bekerja dengan model. Dengan Hibernate, maka tabel tabel yang terdapat di dalam database bisa direpresentasikan ke class class di dalam Java. Ini hanya merepresentasikan, jadi bukan berarti tabel yang ada di database akan digantikan oleh class dalam Java.

Kabar gembiranya, software Hibernate yang bisa digunakan untuk memetakan berbagai model domain dengan orientasi objek ke dalam database relasional ini, adalah framework gratis. Dengan peluncuran pertama di tahun 2001 silam, di bawah naungan GNU Lesser General Public License 2.1.

Kenapa Harus Belajar Hibernate ?

Jika ditanya kenapa harus mempelajari Hibernate, maka kegunaan dari software ini akan menjawab pertanyaan tersebut. Kegunaan utama atau fitur utama dari software Hibernate ini adalah untuk melakukan pemetaan tabel database serta data yang memiliki tipe SQL, dari clas clas yang ada di dalam Java.

Prosesnya berlangsung dengan implementasi Anotasi Java dan juga konfigurasi file XML, khusus untuk pemetaan Java ke tabel database. Menariknya lagi, Hibernate adalah salah satu framework yang mampu memelihara skema database cukup dengan menggunakan file XML. Kendati demikian, banyak developer yang lebih memilih pemetaan Java menggunakan anotasi.

Pasalnya penggunaan anotasi ketika melakukan pemetaan Java di Hibernate dinilai jauh lebih ringkas dibandingkan memakai file XML. Selain fitur dan kegunaan utamanya tersebut, Hibernate juga dapat digunakan untuk menjalankan tugas tugas CRUD lain. Misalnya menyediakan template untuk operasi data, melakukan ORM (object relational mapping), dan mengambil serta meminta data.

Cukup berbeda dari framework yang lain, Hibernate tidak membutuhkan compile ulang. Selain itu, perangkat lunak satu ini hanya sedikit melakukan konfigurasi. Dimana konfigurasi yang dilakukan pada Hibernate sendiri hanyalah dialect database dan pada driver class. Inilah mengapa kamu perlu mempelajari Hibernate.

Fitur Fitur dari Hibernate

Mengetahui berbagai fitur Hibernate, akan membuat kamu semakin yakin untuk lebih mendalami dan mempelajarinya. Dimana Hibernate ini mampu melakukan pemilihan tipe data secara otomatis, dan mengkonversi tipe dari dari Java ini menjadi tipe data database server atau engine yang kamu gunakan.

Canggihnya, Hibernate mampu mendukung banyak database popular yang no vendor lock. Seperti pada database MySQL, SQL Server, DB2, Oracle, Postgre, dan lain sebagainya. Penggantian dari database engine pun tidak akan merubah aplikasi yang sudah kamu buat. Karena Hibernate secara otomatis akan menciptakan struktur tabel sesuai dengan model aplikasi.

Hibernate versi mutakhir saat ini banyak dipakai, jadi tidak heran jika banyak pula perusahaan yang mencari programmer dengan kemampuan Hibernate. Untuk mendalami materi tentang Hibernate, kamu bisa mengikuti kursus online seperti dari Nextgen. Kursus online di sini disertai dengan pengalaman proyek, jadi jangan tunggu lama untuk segera mendaftar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *